Emak-emak Dasun Membumbui Indonesia | Festival Bandeng Mrico

Dasun.desa.id- “Emak-emak Dasun Membumbui Indonesia” Tagline tersebut bukanlah muluk-muluk. Aksi yang disajikan oleh emak-emak Dasun memang tiada lawan. Minggu pagi 14 November 2021 di Pantai Dasun ratusan Emak-emak melakukan aksi membumbui Indonesia dengan memasak aneka ragam jenis masakan pesisir utara Jawa. Olahan Bandeng, ada Bandeng Mrico, Bandeng Bakar, Bandeng Garang Asem. Olahan Udang, ada Oseng Udang Bumbu Rempah, Dempel Udang dan Udang Goreng Krispi. Ada pula Olahan Cumi ada Oseng Cumi Bumbu Kuning, ada Cumi Krispi serta Olahan Urap Latoh.


Emak-emak Dasun dibagi menjadi 7 kelompok dengan masing-masing kelompok memasak minimal satu jenis masakan. Emak-emak Dasun yang terlibat adalah kader Dasa Wisma yang dikomandoi langsung oleh Ketua TP PKK Desa Dasun. Sudah berhari-hari sebelum acara Festival Bandeng Mrico, para emak melakukan perkumpulan guna mempersiapkan pentas membumbui Indonesia.


Hidangan yang sudah selesai kemudian ada yang disajikan khusus kepada tamu undangan di tiga perahu nelayan Dasun yang telah disiapkan bersandar di Pantai Dasun. Sedangkan hidangan yang lebih banyak dinikmati oleh para pengunjung lainnya langsung di depan panggung utama festival. Tak menunggu lama, hidangan yang telah siap tersebut langsung diserbu dan disantab oleh pengunjung Festival Bandeng Mrico.


Kepala Desa Dasun, Sujarwo merasa lega. Bahwa Desa Dasun telah berhasil dalam mengkampanyekan gemar makan ikan, khususnya bagi generasi muda. Kegiatan kebudayaan telah dibalut sedemikian rupa sehingga program melawan stunting juga bisa terkampanyekan. Selain itu, Festival Bandeng Mrico ini merupakan momentum bagi Desa Dasun untuk mempromosikan Pantai Dasun yang memiliki panorama yang indah. Tak lupa juga mempromosikan bahwa bandeng adalah produk unggulan Desa Dasun yang telah menjadi identitas dan wajib diestarikan serta dikembangkan.


Festival Bandeng Mrico juga telah berhasil mempertemukan beragam potensi masyarakat di Desa Dasun untuk seluruhnya “guyub” mendukung dibukanya destinasi Pantai Dasun. Konsep partisipasi daya warga inilah kekuatan utama Festival Bandeng Mrico ini. Berbulan-bulan lamanya masyarakat Desa Dasun melakukan “kerja bakti” di Pantai Dasun demi mempersiapkan festival ini. Ada Pemdes, Karangtaruna, PKK, Dasa Wisma, RW, RT, LPMD, Bumdes, Linmas, BPD, Komunitas Dasun Heritage Society, Angklung Dasun dan ada ratusan warga lainnya.


Festival Bandeng Mrico telah usai, mari kita siapkan gebrakan di tahun selanjutnya. Selamat Datang di Festival Sampan Dasun.


#FestivalBandengMrico
#BandengMricoCoronaLungo
#WisataBahariDasun
#DasunMaju

 

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan