Vaksin dari Pintu ke Pintu di Desa Dasun, Begini Tanggapan Warga

dasun.desa.id- Vaksin dari pintu ke pintu di Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang dilaksanakan pada 26 November 2021. Vaksin dilakukan oleh tenaga kesehatan dari UPT Puskesmas Lasem dengan didampingi oleh Kader Kesehatan atau Posyandu, Babinsa/ Babinkamtibmas dan Perangkat Desa Dasun.

Vaksin dari pintu ke pintu ini utamakan bagi lansia Desa Dasun yang belum vaksin. Terdapat data 36 orang lansia dan dewasa yang tersebar di 3 (tiga) RT. Teknis pemberian vaksin adalah dibagi menjadi tiga kelompok  sesuai dengan RT yang terdiri dari dua petugas kesehatan, dua kader posyandu, Babinsa/ Babinkamtibmas dan satu perangkat desa. Kemudian mereka keliling dari rumah ke rumah untuk memberikan layanan vaksinasi.

Dari 36 orang yang terdaftar, semuanya bersedia untuk disuntik vaksin. Menurut warga yang mengikuti vaksinasi dari pintu ke pintu ini, merasa nyaman jika vaksin di rumah, tidak perlu antri di puskesmas atau balai desa. Selain itu, terdapat pula warga yang memang takut jarum suntik merasa nyaman dan tenang jika vaksin di rumah sendiri.

Kebanyakan dari mereka yang baru mengikuti vaksin dikarenakan memang takut degan jarum suntik, sebagian merasa kejauhan jika harus ke puskesmas, ada pula yang merasa sudah sehat tanpa harus vaksin. Namun setelah adanya penjelasan yang mendalam dari Petugas Kesehatan, Kader maupun Perangkat Desa, warga sadar bahwa vaksin ini sangat penting bagi menjaga kekebalan tubuh dari tertularnya covid-19. Bukan hanya untuk keperluan administrasi saja. (Exsan)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan