Buku Panduan Festival Bandeng Mrico Desa Dasun Lasem Rembang [pdf]

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan semangat Desa Dasun menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Surat Keputusan No: 1134/F5/KB.02.04/2021, event festival tematik kebudayaan desa ini digelar. Selaku warga Desa Dasun, kami bangga dengan status penghargaan desa pemajuan kebudayaan desa.

Adalah Festival Bandeng Mrico, dengan tagline Bandeng Mrico Corona Lungo, kami gunakan menjadi pintu masuk dalam mengenalkan kebudayaan desa, sekaligus menjadi puncak dalam merayakan kegiatan kami. Berbulan-bulan lamanya kami melakukan Pendataan Kenali Potensi. Kami mulai menyisir satu persatu, dari hulu hingga hilir, tentang apa saja yang dimiliki desa kami.

Poster Resmi Festival Bandeng Mrico

Ijinkan kami cerita sejenak. Pendataan itu memang sungguh melelahkan. Hari demi hari, berjibaku dengan orang-orang sepuh (tua), menanyakan tentang ingatan kebudayaan. Tidak berhenti disitu, coretan-coretan lama yang terkumpul itu harus kami transformasikan dengan keseharian warga saat ini. Kerja kebudayan itu sedikit demi sedikit telah membangun asa kami. Rangkain panjang mulai dari ritus hidup warga, sistem mata pencaharian, alat tangkap nelayan, alat budidaya tambak, rumah dan sumur, baju perlawanan, pengobatan tradisional, hingga permainan rakyat, mulai kami rakit dan kami gerakkan menjadi sebuah narasi besar yaitu menjadi desa pemajuan kebudayaan berbasis bahari.

Tibalah saatnya kami bercerita tentang langgam budaya desa tercinta ini. Dengan support penuh dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Pendamping Daya Desa, yaitu mas Angga Hermansah, dan dengan kesepakatan bersama Pemerintah Desa Dasun, beserta Lembaga Desa dan masyarakat Desa Dasun menyelenggarakan Festival Kebudyaan Desa ini, yaitu Festival Bandeng Mrico dengan tagline Bandeng Mrico Corona Lungo.

Melalui proses panjang ini, kami menyadari pentingnya pelestarian budaya desa. Bukan semata-mata untuk mengenalkan saja, tapi jauh lebih penting daripada itu, bahwa kebudayaan desa dapat ditransformasikan melalui kegiatan-kegiatan desa untuk memajukan warga. Kami yakin, melalui festival budaya desa ini, daya budaya desa kami semakin melekat menuju Desa Dasun yang Terbuka Berdaya Saing Maju dan Sejahtera.

Dengan semangat Desa Dasun menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan, kami akan bercerita kepada publik melalui event festival bandeng mrico ini. Untuk memudahkan cerita, kami suguhkan buku panduan festival ini kepada peserta, wisatawan, dan pemerhati pemajuan kebudayaan. Adapun isi dari buku panduan ini memuat tentang temu kenali budaya desa dasun, menu acara festival, denah lokasi, dan pernak pernik latar festival ini.

Semoga buku panduan ini dapat mengekspresikan jati diri kami menjadi desa pemajuan kebudayaan. Dan yang lebih penting, melalui festival bandeng mrico ini semakin memperteguh bahwa kita semua memiliki diversitas pengetahuan lokal, teknologi lokal, dan produk lokal yang dapat dijadikan modal sosial budaya yang berkelanjutan.

Selamat datang di desa kami, desa Dasun. Selamat datang para peserta festival, wisatawan, dan pemerhati pemajuan kebudayaan desa. Selamat mengikuti Festival Bandeng Mrico kami. Selamat menikmati. Salam Bahari.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Dasun, 4 November 2021
Ketua Panitia Festival Bandeng Mrico

Achmad Sholeh Syariffudin

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan