Perpustakaan Desa Bertaraf Nasional

dasun.desa.id-Perkembangan literasi di Indonesia saat ini memang bisa dikatakan kurang agresif. Meskipun saat ini akses-akses literasi sudah bisa sama-sama kita dapatkan baik melalui media online maupun cetak. Namun kesadaran membaca yang seharusnya perlu kita tumbuhkan kepada para generasi muda. Kegiatan-kegiatan yang bersifat literatur perlu untuk lebih kita giatkan lagi.

Salah satu kegiatan literasi adalah adanya sebuah perpustakaan atau taman baca. Saat ini sudah banyak berdiri perpustakaan, baik itu milik lembaga maupun milik perseorangan. Hal ini tentunya berawal dari sebuah niat mengembangkan dan memajukan literasi di daerah masing-masing. Keberadaan perpustakaan-perpustakaan tersebut tentu juga ikut mendobrak perkembangan literasi khususnya generasi muda dan anak-anak yang saat ini sudah banyak gandrung dengan gadget.

Perpustakaan Cahaya Ilmu salah satunya. Terletak di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Desa Dasun merupakan sebuah desa potensial yang saat ini juga sedang mengikuti program pemajuan kebudayaan yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Adanya Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Dasun tentunya menjadi sebuah prestasi tersendiri yang dimiliki oleh Desa Dasun. Perpustakaan ini berdiri pada awal tahun 2016 kemudian tidak lama berselang pada Bulan Juli 2018 perpustakaan “Cahaya Ilmu” desa Dasun mendapatkan penghargaan sebagai perpustakaan desa terbaik di tingkat nasional dalam program Perpusseru Award 2018. Kepala Desa Dasun Sujarwo yang menerima langsung penghargaan tersebut di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Saat ini perpustakaan Desa Dasun diketuai oleh Angga Hermansyah salah satu pemuda Desa Dasun.

Saat ini, KKN PAR STAI Al-Anwar Unit 14 berkesempatan untuk mengabdi serta mencari pengalaman di Desa Dasun. Melihat adanya perpustakaan desa yang sebegitu rapi dengan berbagai macam referensi dari dalam maupun luar negeri serta ada beberapa buku bacaan anak-anak menjadikan daya tarik tersendiri bagi tim KKN. Namun akibat dari pandemi covid-19 serta kebijakan PPKM dari pemerintah menjadikan kegiatan di perpustakaan Desa Dasun menjadi berkurang.

Sesuai arahan Kepala Desa Dasun Sujarwo, tim KKN PAR STAI Al-Anwar diminta untuk ikut nguri-nguri kegiatan di Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Dasun. Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan saat ini adalah bimbingan belajar bersama anak-anak desa Dasun serta pengembangan kreativitas anak. Masih ada beberapa kegiatan lain yang rencananya akan dilakukan dan bertempat di perpustakaan Dasun antara lain adalah podcast, membaca bersama, serta bedah buku. Harapannya kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan semangat belajar bagi anak-anak Desa Dasun di masa pandemi ini.

Penulis : Tim KKN PAR STAI Al-Anwar Uni 14

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan