Ziarah Ke Makam Mbah Kongso

dasun.desa.id-Makam Mbah Kongso atau masyarakat Dasun biasa menyebutnya dengan sebutan Punden Mbah Kongso, merupakan makam tokoh pendiri Desa Dasun. Jika mendengar cerita tutur masyarakat, Mbah Kongso sebelumnya bernama Mbah Dasoen, pergantian nama tersebut terjadi ketika Mbah Kongso menjadi seorang mualaf.

Karakter kepemimpinan Mbah Kongso terkenal dengan kebijaksanaannya dan adil pada rakyatnya. Hal ini tentu menjadi barometer dan pegangan penting bagi pemerintah Desa Dasun sampai saat ini untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agung yang telah diajarkan oleh Mbah Kongso demi mewujudkan masyarakat Dasun yang maju dan mertabat.

Sebagai wujud penghormatan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para sesepuh desa, biasanya masyarakat Dasun pada Bulan Selo mengadakan kegiatan ranjen atau kegiatan bersih desa setelah itu mengadakan acara Selonan di makam Mbah Kongso. Kegiatan tersebut juga diisi dengan rangkaian dzikir dan doa bersama, meminta keselamatan kepada Allah melalui washilah para sesepuh supaya diberi keselamatan, umur panjang dan rizki yang barakah.

Selasa 17 Agustus 2021 bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 mahasiswa KKN unit 14 STAI Al-Anwar Sarang mengadakan kegiatan ziarah ke punden Mbah Kongso bersama dengan anak-anak Desa Dasun. Kegiatan ini sudah menjadi rangkaian pengabdian di Desa Dasun sebulan penuh selama Bulan Agustus ini. Harapan dari kegiatan ini adalah generasi penerus Desa Dasun dapat terus mengingat leluhurnya dan meneladani nilai-nilai kebajikannya.

Penulis dan Fotografer: Tim KKN Unit 14 STAI Al-Anwar di Desa Dasun

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan