Kemilau Senja di Pantai Dasun

dasun.desa.id-Ada banyak tempat untuk menikmati momen sunset di Indonesia. Namun tidak seperti di Pantai Dasun. Pesona Pantai Dasun menawarkan keindahan panorama alam yang sangat eksotis, siap memanjakan mata para traveler terlebih dikala kemilau senja datang.

Pantai ini membentang dari timur ke barat sejauh 3,5 Kilometer. Seolah-oleh menjadi benteng indah Desa Dasun. Apalagi konon pantai ini menyimpan sejarah perjuangan para pahlawan Lasem melawan VOC pada palagan Perang Lasem pada tahun 1741 ini membuat suasana sunset menjadi momen indah nan sakral yang bisa masuk dalam relung jiwa.

Tampak jelas sang mentari beranjak pelan tenggelam kembali ke peraduan berganti bulan, berkas sinarnya memudar membawa suasana damai, menghibur kejenuhan akan sederet aktivitas sehari hari, sehingga membuat siapun betah untuk berlama-lama menikmati keindahannya.

Deburan ombak disertai semilir angin sore dan suara hilir mudik kapal nelayan yang kembali dari miyang menambah keindahan serta sensasi tersendiri. Tampak pohon cemara yang berada di sepanjang pesisir pantai dan sederet kapal nelayan yang berlabuh menjadi objek menarik untuk berfoto ria.

Selain itu, di selatan pantai juga terdapat puluhan tambak ikan dan tambak garam yang merupakan bagian dari sumber matapencaharian masyarakat Dasun. Potensi pesisir pantai Dasun memang sangat menjanjikan untuk dikembangkan menjadi Wisata Bahari Dasun dalam menumbuhkan roda perekonomian masyarakat. Itulah mimpi besar seluruh masyarakat Desa Dasun yang kemudian disambut baik dengan beberapa kebijakan Pemerintah Desa.

Promo Wisata Bahari, penguatan UMKM, pemberdayaan masyarakat nelayan, festival bandeng mrico corona lungo, dan Pembangunan Jalan Ke Pantai Dasun adalah salah satu titik awal bertambahnya kesejahteraan masyarakat Dasun ke depannya. Semoga.

Penulis: Mahasiswa KKN STAI Al Anwar Unit 14 Tahun 2021

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan