16 Mahasiswa STAI AL Anwar Sarang Mengabdi di Desa Dasun

dasun.desa.id- Sejumlah 16 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia diterjunkan oleh STAI Al Anwar Sarang dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama Bulan Agustus 2021 di Desa Dasun Kecamatan Lasem Provinsi Jateng. Mereka akan melakukan berbagai pengabdian masyarakat terutama dalam bidang literasi.

Mahasiswa KKN yang diketuai oleh Arif Wafa Alfaris ini akan fokus melakukan pendampingan Perpustakaan Desa Dasun, Sanggar Desa Dasun serta membantu mensukseskan program Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun yang sudah berlangsung. Selain itu, mereka juga tetap melakukan pendampingan di bidang keagamaan di masjid dan mushola di lingkungan Desa Dasun.

KKN STAI Al Anwar Unit 14 ini membantu proses program Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun dengan membantu pendataan potensi budaya, dengan wawancara, pengisian kwesioner serta membuat produk miniatur kebudayaan Desa Dasun, seperti miniatur rumah limasan, miniatur kapal jung, miniatur perkakas tambak garam dan lain sebagainya. Produk-produk ini rencananya akan dipamerkan dalam puncak program Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun yakni Festival “Bandeng Mrico Corona Lungo” November mendatang.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo memang mengharapkan kegiatan KKN Unit 14 ini bisa berintegrasi dengan program-program Desa Dasun. Kegiatan tersebut seperti kegiatan posyandu, penanganan covid-19, karangtaruna, perpustakaan, belajar kelompok, bahkan rencananya mereka akan ikut meramaikan kegiatan podcast yang sudah diinisiasi Desa Dasun sejak lama. Rencananya rektor STAI Al Anwar KH. Abdul Ghofur Maimun, dan wakil Gubernur Jateng H. Taj Yasin Maimoen akan mengisi podcast di Perpustakaan Desa Dasun.

Sujarwo sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas program KKN yang dikembangkan oleh STAI Al Anwar Sarang Jateng ini, terlebih sangat jarang program KKN yang menyasar di Desa Dasun, Kec. Lasem, Jateng. Sebelumnya, STAI Al Anwar juga pernah menerjunkan mahasiswanya untuk KKN di Dasun, yakni pada awal tahun 2021 ini yang cukup berhasil dengan pendataan tambak.

Enam belas mahasiswa yang tergabung dalam KKN STAI Al Anwar Unit 14 tersebut antara lain: Arif Wafa Alfaris asal Banyuwangi; Aprines asal Banyuasin; Ubaidillah A. asal Pasuruan; Abdullah Hadani asal Jambi; M. Reza Fathony asal Pati; Sihabudin asal Indramayu; M. Ulinnuha S. asal Kudus; Moch Ainur Rofiq asal Bojonegoro; M. Hakim Ridho asal Cilacap; M. An’im Falahudin asal Pekalongan; Zulvan Zamili asal Pontianak; M. Fahrur Rozi asal Kudus; Aji Setia Pambudi asal Bengkulu Utara; Mohamad Wafi asal Tuban; Dirwansah asal Ketapang dan M. Farid Aqil asal Tuban. (Exsan/red)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan