Muncul Berita Sertifikat Elektronik, Inilah yang Penting untuk Dipahami

Dasun.desa.id- Penting untuk dibaca dan dipahami. Hati-hati dengan adanya berita penarikan sertifikat oleh BPN dan diganti dengan sertifikat elektronik. TIDAK AKAN ADA PENARIKAN SERTIFIKAT yang sudah di tangan, oleh pemerintah. Jika ada oknum yang mengaku pegawai BPN untuk menarik sertifikat tanah, bagi masyarakat sertifikat jangan diserahkan ke oknum tersebut, karena mereka penipu yang akan melarikan sertifikat tanah anda. Tolong sebarkan ke orang-orang, supaya tidak ada yang jadi korban penipuan “perampasan” sertifikat tanah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Inti dari penjelasan Biro Humas BPN tentang Sertipikat Elektronik antara lain :

  1. Terkait teknis penerbitan Sertifikat Elektronik. menunggu surat keputusan menteri ATR/BPN.
  2. Pemberlakuan Sertifikat Elektronikakan di lakukan pilot project terlebih dahulu pada beberapa wilayah prov/kab/kota.
  3. Setelah pemberlakuan Sertifikat Elektronik tidak ada penarikan sertipikat masyarakat, sertipikat yg ada tetap berlaku dan diberikan pelayanan seperti biasa.
  4. Sertifikat Elektronik sementara akan prioritas diterbitkan bagi tanah tanah aset instansi pemerintah dan BUMN sebagai pilot project sebelum mengelektronikkan sertipikat masyarakat.
  5. Apabila telah diberlakukan ketentuan Sertifikat Elektronik, pemilik sertipikat dapat mengajukan ALIH MEDIA dari sertipikat konvensional menjadi DIGITAL/ELEKTRONIK sebagaimana pengajuan ganti blangko bagi sertipikat lama, sesuai dengan permohonan masyarakat, jadi tidak ada penarikan besar besaran.
  6. Sertipikat yang dialih mediakan tersebut adalah sertifikat yang tidak bermasalah karena ada gugatan di pengadilan dan tidak ada catatan catatan keberatan lain.

Oleh sebab itu, bagi seluruh masyarakat Desa Dasun untuk tetap waspada hati-hati jangan sampai anda menjadi korban penipuan dengan adanya informasi dan berita tentang sertifikat elektronik. Jika ada oknum yang mengaku petugas dari BPN dengan berbagai tipu muslihatnya yang akan memanfaatkan kesempatan ini, tolong jangan dipercaya begitu saja. Laporkan terlebih dahulu kepada Pemerintah Desa Dasun. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. (Sujarwo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan