Kembalinya Olahraga Kasti Desa Dasun

Tim Kasti Putri Putune Mbah Kongso Desa Dasun Kec. Lasem

dasun.desa.id- Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang memiliki beragam anak-anak muda dengan berbagai aktivitasnya. Aktivitas anak muda saat ini –selain bermain smartphone –yang cukup populer adalah olahraga. Banyak kegiatan olahraga anak muda Desa Dasun yang tidak aktif dikarenakan pandemi covid-19 maupun regenerasi. Akhir-akhir ini ada satu cabang olahraga yang kembali ingin dibangkitkan kembali di Desa Dasun yakni oleharga Kasti.

Anak-anak muda Desa Dasun yang dilatih oleh Asep Susiantomi sangat antusias dengan olahraga kasti. Bagi Kepala Desa Dasun Sujarwo, hal ini sangat membanggakan karena dewasa ini olahraga kasti sulit dijumpai di desa-desa dengan semakin maraknya cabang olahraga populer lain seperti sepakbola, futsal dan bulu tangkis, selain itu juga anak-anak dibanjiri oleh berbagai macam game online, sosial media, tiktok, instagram, dll yang membuat anak muda semakin antipati terhadap olahraga fisik.

Ada sekitar 20 anak muda yang hampir setiap hari berlatih kasti di Lapangan Desa Dasun, mulai dari seusia kelas 5 SD sampai kelas 1 SMA. Kegiatan ini selain untuk melestarikan salah satu olahraga tradisional yang cukup diminati oleh orang jaman dahulu di Desa Dasun, juga merupakan upaya untuk meningkatkan daya imun tubuh di tengah-tengah pandemi yang menyerang negeri.

Selasa sore (9/2/2021) kemarin, Tim Kasti Desa Dasun yang bernama “Putune Mbah Kongso” melakukan pertadingan persahabatan dengan Tim Kasti Desa Wuwur Pancur bernama “Srikandi” di Lapangan Desa Dasun. Ternyata banyak sekali yang antusias untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Bagi orang-orangtua ini adalah hiburan sekaligus nostalgia, karena jaman dahulu tahun 80-an, 90-an Tim Kasti Desa Dasun banyak malang melintang dalam turnamen kasti tingkat kecamatan, terutama tim ibu-ibu. Dalam pertandingan tersebut, Putune Mbah Kongso menang dengan skor 17-9.

“Harapannya ke depan, banyak anak-anak yang semakin aktif dalam dunia olahraga di Desa Dasun. Kami selaku pemerintah desa selalu mendukung kegiatan positif bagi anak-anak muda. Saya juga berpesan untuk Karangtaruna Desa Dasun untuk selalu ikut mendampingi kegiatan-kegiatan positif seperti mengaktifkan kembali komunitas oleharaga di Desa Dasun, bukan hanya kasti, bisa juga permainan tradisional lain, kalau perlu kita buatkan event festival permainan tradisional di Desa Dasun, tentu kalau kondisi pandemi covid-19 sudah mulai mereda,” ujar Sujarwo, Kepala Desa Dasun saat menyaksikan pertandingan kasti. (exsan)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan