Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

prioritas desa dasun

Dasun.desa.id- Sesuai dengan amanah Undang undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa setiap desa di Indonesia memiliki hak mengelola Dana Desa setiap tahunnya. Untuk itu Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi memiliki wewenang sebagai kementerian yang mengampu desa-desa di seluruh Indonesia untuk menyusun regulasi prioritas penggunaan Dana Desa setiap tahunnya, termasuk di tahun 2021 ini.

Ada beberapa konsep dan ide yang menarik dari prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 ini, terutama mengenai Pendataan Desa, Pemetaan Potensi dan Sumber Daya Pembangunan Desa, Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ketiga konsep prioritas ini sangat menarik dalam upaya memajukan desa di masa serba digital dan arah perkembangan manusia dewasa ini.

Kebanyakan desa memang masih minim upaya pendataan desanya, kebanyakan hanya sebatas data monografi yang kurang adanya dialog dalam data artinya masih monoton dan belum ada narasi yang menarik, kemudian bisa dikemas dalam dasar kegiatan-kegiatan ke depan untuk desa. Selain itu juga adanya Pemetaan Potensi dan Sumber Daya Pembangunan Desa, artinya setiap desa harus bisa memetakan potensi yang ada baik alam, budaya, manusia, adat istiadat dll yang kemudian dikawinkan dengan sumber daya pembangunan desa. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga sangat wajib dilakukan oleh desa di era digitalisasi ini, seperti penyajian data berbasis digital, pelayanan berbasis digital, keterbukaan informasi berbasis digital yang artinya setiap warga dapat dan mampu mengakses informasi desa dengan murah dan mudah, tentu dibarengi dengan sarana dan prasarana teknologi informasi yang mumpuni dan layak.

Nah itu beberapa konsep mengenai prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021 yang kami anggap sangat menarik dan wajib dilaksanakan oleh desa di tahun 2021 ini. Dan syukurnya Desa Dasun, Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang telah lama memulai kegiatan pendataan desa, pemetaan potensi desa, dan pengembangan Teknologi dan Informasi Desa. (Exsan)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan