Desa Dasun Akan Cairkan BLT DD sampai 9 Bulan

Dasun.desa.id- Pemerintah Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang berencana akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk tahap terakhir di tahun 2020, yakni bulan Oktober, November dan Desember. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Dasun, Sujarwo berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) tentang Ketersediaan Anggaran BLT DD pada Senin (23/11/2020) di Balai Desa Dasun. Acara ini dihadiri oleh BPD, TP-PKK, LPMD, RT-RW, Posyandu, BUMDesa, Linmas, Karangtaruna, KPMD, dan warga.

Kepala Desa Dasun menyampaikan bahwa munculnya regulasi untuk desa agar menganggarkan BLT-DD pada bulan Oktober, November dan Desember sebesar Rp.300.000/ bulan per Keluarga Penerima Manfaat, sudah diantisipasi oleh Pemerintah Desa Dasun dengan masih menyisakan kegiatan Pembangunan Los Kuliner di RTH Dasun dengan pagu sekitar 58 juta. Sehingga pada saat musyawarah semua peserta sepakat untuk mengalihkan anggaran tersebut untuk BLT-DD.

Hal ini wajib dilakukan karena menurut Surat Edaran Bupati Rembang Nomor 400/2354/2020 tentang Perpanjangan Jangka Waktu Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Rembang Tahun 2020, bagi desa yang masih cukup anggarannya diminta untuk menganggarkan BLT-DD sampai bulan Desember 2020, jika tidak akan ada pemotongan DD tahap 2 tahun depan sebesar 50%.

Sedangkan bagi desa yang anggarannya memang tidak cukup, untuk tetap melakukan Musyawarah Desa Khusus sebagai dasar untuk tidak menganggarkan BLT DD sampai bulan Desember 2020. Dalam Musdessus tersebut pemdes berkewajiban untuk mereview anggaran tahun 2020, kegiatan mana yang sudah dilakukan, dan yang belum dilakukan serta ketersediaan anggarannya.

Rencananya dalam waktu dekat ini, Pemerintah Desa Dasun akan merealisasi penyaluran BLT-DD untuk bulan Oktober, November dan Desember Tahun 2020, setelahsemua persyaratan administrasi sudah selesai. Adapun di Kecamatan Lasem, ada lima desa yang anggarannya masih untuk BLT-DD tahap terakhir di tahun 2020 ini, yakni Desa Dasun, Desa Tasiksono, Desa Karangturi, Desa Ngargomulyo, dan Desa Gowak. [exsan]

Musyawarah Desa Khusus Musdessus di Desa Dasun tentang Ketersediaan Anggaran BLT-DD, Senin 23/11/2020)
Musyawarah Desa Khusus Musdessus di Desa Dasun tentang Ketersediaan Anggaran BLT-DD, Senin 23/11/2020)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan