Bersih Sungai Lasem bersama Pemuda Desa Dasun

Dasun.desa.id- Sungai Lasem adalah sebuah sungai yang berada di Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Sungai ini berhulu di Pegunungan Kendeng tepatnya di Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang dan bermuara di Desa Dasun dan Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem.

Sungai Lasem cukup lebar, di dekat muara banyak terdapat tumbuhan mangrove di kanan kiri sungai. Keberadaan Sungai Lasem juga banyak dimanfaatkan oleh penduduk di sekitar sungai untuk lalu lintas perahu nelayan, sumber utama pengairan tambak garam maupun tambak bandeng. Ada pula dimanfaatkan untuk mencari ikan dengan cara jaring, tadah, bangkrak, pancing, maupun dengan alat anco. Ada fungsi utama lain dari Sungai Lasem yakni sebagai jalan air hujan dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang untuk menuju ke Laut Jawa.

Sungai Lasem sebagai daya tarik wisata juga telah termanfaatkan. Salah satunya dengan aktivitas Susur Sungai Dasun yang menggunakan perahu nelayan. Para wisatawan diajak naik perahu kemudian dipersilahkan untuk melihat keindahan sungai. Adapun pemandu wisata menjelaskan sejarah Sungai Lasem dari masa ke masa, mulai dari jalur perdagangan candu, rempah, beras, sampai tempat galangan kapal.

Namun demikian, banyak permasalahan lingkungan yang muncul di Sungai Lasem seperti keberadaan sampah rumah tangga maupun sampah industri batik. Sehingga kondisi ini berpengaruh terhadap aktivitas pemanfaatan Sungai Lasem bagi kehidupan masyarakat.

Sabtu-Minggu 18-19 Juli 2020 Pemdes Dasun bersama dengan pemuda melakukan kerja bakti bersih Sungai Lasem. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang. Ada sekitar 20 orang menaiki perahu nelayan mengambil berbagai sampah di pinggir Sungai Lasem. Beberapa titik sampah berhasil dibersihkan. Sampah kemudian dibawa ke TPS di Desa Soditan. Harapannya kegiatan ini mampu berlangsung konsisten dan menjadi media penggerak bagi masyarakat untuk melakukan hal serupa maupun tidak membuang sampah di Sungai Lasem. [Exsan]

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan