Memprihatinkan, Pantai Dasun Terbakar, atau?

Dasun.desa.id- Kabar tidak mengenakkan tersiar pada Bulan September 2019 lalu. Sebuah akun facebook dari seorang warga Dasun memposting foto kebarakan di Pantai Dasun, Lasem, Rembang. Sontak langsung penulis merasa shock! tidak mempu berkata-kata bahkan kondisipun langsung lemas melihat kabar tersebut.

Lantaran di foto yang diunggah memperlihatkan kondisi Pantai Dasun yang terbakar di bagian hutan cemara. Rumput-rumput di sekitar hutan cemara berubah menjadi abu hitam pekat. Itu terjadi bukan hanya di satu titik namun dibeberapa titik. Bahkan sampai mengenai gazebo-gazebo pantai.

Beberap hari kemudian, setelah kondisi membaik, penulis melakukan kunjungan untuk memastikan seberapa parah kondisi hutan cemara di Pantai Dasun. Memprihatinkan. Persebaran kebarakan memang menjalar ke mana-mana. Ini mungkin akibat dari kemarau yang panjang sehingga mudah sekali api melalap rumput kering di sekitar cemara. Ribuan pohon cemaa menjadi layu, meskipun tidak sepenuhnya mati, namun kondisi ini memecahkan hati bagi siapapun yang dulu ikut menanam pohon cemara di Pantai Dasun.

Belum diketahui sebab pasti kebakaran ini. Apakah dari orang jahil jahat, atau tidak sengaja membuang puntung rokok, atau memang murni dari alami tanpa campur tangan manusia, atau bagaimana? yang pasti merawat alam adalah kewajiban, apalagi alam yang ada di Desanya sendiri yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakatnya sendiri.

Penulis merasa malu, sedih, bersalah, dan ribuan perasaan yang tak bisa diutarakan.

Video kondisi Pantai Dasun pasca kebakaran:

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan