Akses Jalan Menuju Pantai Dibuka

Pembangunan Tebing Jalan Ke Pantai melibatkan warga Desa Dasun dalam pengerjaannya

Dasun.desa.id – Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem berencana untuk membuka kembali akses jalan menuju Pantai Dasun. Akses jalan itu pada jaman Belanda pernah digunakan untuk mobilitas galangan kapal. Namun, jelang kemerdekaan jalan tersebut hilang.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo mengatakan, pembangunan jalan menuju Pantai Dasun itu merupakan upaya untuk menghidupkan pariwisata di desa. ”Kami memiliki potensi wisata pantai dan sungai yang cukup bagus. Tahun ini kami upayakan untuk mulai melakukan penataan kawasan dengan pembuatan akses jalan masuk ke Pantai Dasun terlebih dahulu,” terangnya.

Dia menambahkan, pembangunan jalan ke Pantai Dasun dilaksanakan secara bertahap. Mulai Agustus, pembangunan difokuskan untuk pengerasan jalan menuju Pantai Dasun. Selama ini warga yang akan mengunjungi Pantai Dasun harus melewati jalan tambak. ”Tahap pertama ini kami lakukan pengerasan jalan. Selain itu juga ada penebingan jalan di beberapa titik,” tegasnya.

Dia menerangkan, pembangunan jalan tahap pertama itu pihaknya mendapatkan bantuan dari Provinsi. ”Pembangunan Jalan Ke Pantai Dasun yang sudah terealisasi di tahap pertama mengunakan dana bantuan provinsi. Insyaallah nanti di APBD Perubahan Jateng 2019 kami juga berharap anggaran terusan jalan ke pantai, pembuatan drainase desa serta jalan usaha tani,” kata dia.

Sujarwo menjelaskan, pembangunan jalan tersebut seperti napak tilas terhadap jalan yang pernah dibangun Belanda pada sebelum kemerdekaan. Dia mengatakan, area yang akan dibangun jalan sebelum kemerdekaan merupakan akses jalan yang digunakan untuk mobilitas barang dan jasa ke sejumlah galangan kapal milik Belanda yang berada di sepanjang Sungai Babagan Lasem. ”Di sekitar Pantai Dasun dulu juga terdapat gardu pandang yang digunakan untuk mengamati pasang surut air laut. Gardu itu juga digunakan untuk memberikan panduan bagi kapal yang hendak keluar masuk Sungai Babagan hingga galangan-galangan kapal,” jelas dia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan