Download Materi Transformasi Perpustakaan oleh Perpuseru

Dasun.desa.id-Apa Itu Perpuseru? Program PerpuSeru adalah program pengembangan perpustakaan yang didukung oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation, sejak November 2011, yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pada fase program yang pertama, PerpuSeru bermitra dengan 34 perpustakaan di 16 provinsi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 28 perpustakaan kabupaten/kota, 1 perpustakaan provinsi, 3 perpustakaan desa/kelurahan, dan juga 2 Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Pada fase program yang kedua program PerpuSeru memperluas area binaan ke 76 perpustakaan desa dan TBM di 19 perpustakaan kabupaten/kota yang telah menjadi mitra program PerpuSeru, dengan memberikan pendampingan kepada perpustakaan kabupaten/kota untuk melakukan pelatihan dan mentoring ke perpustakaan di tingkat desa terkait advokasi, bagaimana meningkatkan akses dan penggunaan layanan komputer dan internet oleh masyarakat, dan bagaimana memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Mulai 1 Oktober 2015, PerpuSeru telah memasuki fase perluasan yang akan memperluas area kerja ke 80 perpustakaan daerah kabupaten/kota yang baru di Indonesia. Saat ini program Perpuseru sudah memiliki 335 mitra Perpustakaan dan terus melakukan proses seleksi ke perpustakaan-perpustakaan daerah yang mau berkomitmen untuk merubah perpustakaan daerah nya menjadi pusat belajar masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat membantu masyarakatnya mendapatkan hidup yang lebih baik.

Tujuan
Untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

Visi
Memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan perubahan sosial yang positif dengan mentransformasi perpustakaan umum menjadi terbuka, dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan kesempatan, kreativitas, pengetahuan dan pembelajaran.

Berikut merupakan materi-materi transformasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Perpuseru, hak cipta semuanya berada di perpuseru Coca Cola Foundation Indonesia.

1. Pembukaan & Tujuan Pelatihan
2. Overview Program PerpuSeru_New Version
3. Positive Deviance, Concept and Stages
4, Sosialisasi Program PerpuSeru
5, Gambaran Pelatihan & Mentoring
6.1. Pembukaan & Tujuan Pelatihan
6.3. SPP – TIK 6.4. Strategi Peningkatan Layanan TIK
6.5. Strategi Pelibatan Masyarakat 6.6. Merumuskan Tujuan Advokasi
6.7. Identifikasi Sasaran Advokasi
6.9. Promosi
6.10. Lobi
6.11. Menyusun Rencana Kerja
6.12 Dokumentasi Kegiatan Perpustakaan v2
7. Mentoring
8. Keterampilan dan Metode-metode Fasilitasi Panduan Pelatihan Fasilitator_1701

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan