Menkominfo Lepas Keberangkatan Tenaga Pendamping TI SIDeka

Dasun.desa.id-Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara bersama Anggota Komisi II DPR-RI, Budiman Sudjatmiko, melepas keberangkatan Tenaga Pendamping Teknologi Informasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (13/4).

Menurut Rudi, Sideka akan menjadi bagian dari program Kementerian Kominfo untuk melaksanakan Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari Pedesaan, khususnya dalam memastikan keterhubungan antar desa dan kawasan hingga tingkat nasional, melalui sistem informasi desa dan kawasan.

Tenaga pendamping teknologi informasi SIDeKa terdiri para mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Ke-40 mahasiswa-mahasiswa ini merupakan angkatan pertama yang dikirim oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) sebagai tenaga IT yang bertugas selama sebulan di desa-desa di delapan kabupaten, Belitung Timur Babel, Tasikmalaya Jabar, Pemalang Jateng, Kulon Progo DIY, Gianyar Bali, Pangkajene dan Kepulauan Sulsel, Boalemo Gorontalo, dan Raja Ampat Papua Barat.

Sistem Informasi Desa dan Kawasan merupakan upaya bersama BP2DK dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, dan Institut Teknologi Bandung, untuk mendukung desa agar bisa melaksanakan amanat UU No. 6/2014 tentang Desa. Selain aplikasi, SIDeKa juga dilengkapi dengan Panduan Pelaksanaan SIDeKa di desa-desa di seluruh Indonesia.

Selain itu, Rudiantara juga memberi jaminan kepada mahasiswa-mahasiswi, yang menjadi pendamping IT angkatan pertama SIDeKa ini. Keberadaan mereka di desa-desa dalam rangka membantu desa membangun sistem informasi desa dan kawasan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Disamping itu, Kominfo juga akan membantu menyediakan infrastruktur teknologi informasi hingga di tingkat pedesaan untuk pembangunan sistem informasi desa dan kawasan.

Acara tersebut selain dihadiri Anggota DPR Budiman Sudjatmiko dan Ketua Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK), Semuel A. Pangerapan juga dihadiri Wakil Rektor I Univ. Atmajaya Yogyakarta, Pramana Yuda, Ph.D, Wakil Rektor IV Universitas Janabadra Yogyakarta, Dr. Cungki Kusharjito, dan Kepala Unit Sumberdaya Informasi ITB, Basuki Suhardiman.(Yura)

sumber: kominfo.go.id

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan