Kunjungan DPRD Provinsi: Potensi Sungai Dasun Luar Biasa

Dasun.desa.id– Senin 20 Mei 2019 Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, H. Abdul Aziz, S.Ag, M.Si berkunjung di Desa Dasun, menyusuri Sungai Dasun-Lasem menggunakan perahu nelayan.

Didampingi oleh Kepala Desa Dasun, Abdul Azis mengungkapkan kekagumannya terhadap potensi yang dimiliki oleh Desa Dasun terutama Sungai Dasun yang memiliki panorama yang indah.

Abdul Aziz menyusuri Sungai Dasun menggunakan perahu nelayan dengan dampingan Kepala Desa Dasun melihat kiri kanan Sungai Dasun yang dipenuhi oleh tanaman bakau yang hijau, peninggalan dok- dok kapal, serta melihat perkampungan nelayan.

Kepala Desa Dasun juga menyampaikan bahwa Sungai Dasun ini merupakan sungai yang bersejarah. Konon banyak sekali peninggalan kapal-kapal kuno di sepanjang sungai. Karena memang Desa Dasun dahulu merupakan daerah pembuatan kapal pada masa Penjajahan Belanda. Serta Sungai Dasun juga digunakan untuk transportasi masuknya candu ke Nusantara, oleh karena itu Lasem disebut juga sebagai corong candu.

Abdul Aziz mengungkapkan bahwa Sungai Dasun sangat potensial untuk digunakan sebagai wisata alternatif di Lasem, yakni Susur Sungai. Sehingga banyak sekali pilihan wisata di Lasem. Selain itu juga nyambung dengan usaha desa yakni Warung Apung Dasun serta RTH Dasun, ketika selesai Menyusuri Sungai, wisatawan dapat menikmati hidangan di Warung Apung Dasun serta menikmati suasana nyaman di RTH.

Abul Aziz juga menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan senantiasa mendukung upaya-upaya pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan potensi Desa terutama melalui pariwisata. Ia akan mendorong agar Lasem bisa menjadi perhatian yang serius bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk bersama-sama melestarikan dan mendorong Lasem sebagai Kota Pusaka Dunia. (Exsan Ali)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan