Dasun Peringkat 4 Desa Ramah Anak Kabupaten Rembang

desa dasun ramah anak

Dasun.desa.id- Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang mendapatkan peringkat ke-4 Desa Ramah Anak se-Kab. Rembang. Hal ini didasarkan atas monitoring dan evaluasi dari Dinsos PPKB Kabupaten Rembang pada Oktober 2018 yang lalu. Monev dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemerintah desa, Kelompok Pemberdayaan Anak Desa (KPAD), Forum Anak Desa (FAD) melakukan kegiatan-kegiatan positif dan ditunjang dengan regulasi untuk melindungi hak anak serta memberikan pelayanan kepada anak.

Pengumuman Desa Ramah Anak se-Kabupaten Rembang disampaikan langsung oleh Bupati Rembang pada Kamis (29/11/2018) di Pendopo Kabupaten Rembang. Berikut peringkat 1 sampai 6 Desa Ramah Anak se-Kabupaten Rembang tahun 2018: Desa Woro; Desa Menoro; Desa Ukir; Desa Dasun; Desa Trahan; dan Desa Padaran.

Anak-anak Dasun sedang bermain di tanah lapang (dok: Dasun.desa.id)

Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang Sri Wahyuni menyatakan, Woro menjadi yang terbaik lantaran dianggap sudah melengkapi indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial. “Pengharagaan diberikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan Dinsos PPKB. Hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada desa yang sudah melaksanakan indikator desa ramah anak dengan baik,” jelas Wahyuni.

Bupati Abdul Hafidz dalam sambutannya menegaskan, Rembang telah mendapatkan penghargaan lima besar sebagai kabupaten yang layak anak. Sehingga pihaknya pernah diundang menjadi nara sumber sebuah acara motivasi bagi daerah yang dipimpin kepala daerah perempuan.

Anak-anak Dasun dalam proses pembuatan film dokumenter desa (dok. Dasun.desa.id)

“Selama ini hak perempuan dan anak belum terakomodasi. Oleh karena itu, untuk memberikan perlindungan Pemkab sudah menyiapkan enam Perda, puluhan Perbub, dan surat edaran bupati untuk memberikan payung hukum yang dapat memberikan perlindungan kepada ibu dan anak,” tandasnya.

Selain itu, Kepala Desa Dasun Sujarwo menanggapi, akan terus berupaya dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan anak desa atau kepemudaan di desa. Misalnya akan memfasilitasi kegiatan di Perpustakaan Desa Dasun; Mengadakan kegiatan ekonomi kreatif bagi anak-anak misalnya pelatihan sablon; kemudian kegiatan seni budaya seperti musik angklungan dasun dan sanggar tari di perpustakaan Desa Dasun. Bahkan tahun ini perpustakaan Desa Dasun telah meraih gelar sebagai perpustakaan terbaik tingkat nasional.[]

Penyerahan Piala Juara Ke-4 Desa Ramah Anak Kabupaten Rembang, antara Koordinator KPAD Desa Dasun dan Kepala Desa Dasun

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan