Musyawarah Mufakat Desa (MMD) di Desa Dasun

Dasun.desa.id- Kegiatan Musyawarah Mufakat Desa (MMD) yang difasilitasi oleh UPT. Puskesmas Lasem dilaksanakan di Desa Dasun, Lasem, Rembang pada Sabtu (13/10) di Perpustakaan Desa Dasun.

Musyawarah Mufakat Desa ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Lasem dan Pemerintah Desa Dasun dalam merumuskan solusi dari berbagai permasalahan kesehatan yang ada di desa setelah diadakannya Suvei Mawas Diri (SMD). Sehingga dalam MMD ini disepakatinya berbagai poin untuk arah kebijakan Pemdes dalam mengelola kesehatan di Desa Dasun.

MMD ini turut hadi fasilitator dari Puskesmas Lasem, Pemerintah Desa Dasun dalam hal ini Kades dan perangkat desa serta para kader kesehatan yakni Posyandu Anggrek I dan Anggrek II Desa Dasun.

Para peserta MMD Desa Dasun, Lasem pada 13 Oktober 2018 di Perpustakaan Desa Dasun (dok; Dasun.desa.id)

Beberapa hasil dari MMD di Desa Dasun kali ini adalah penganggaran abate di tahun anggaran 2019, penambahan sarana dan prasarana bagi Posyandu (meja dan kursi), promosi kesehatan melalui membuang sampah pada tempatnya, menguras bak mandi, promosi pemberian ASI Ekslusif, fokus kepada penderita hipertensi, dan menambah kader kesehatan.

Berbagai usul atau solusi dari Survei Mawas Diri (SMD) dalam musywarah ini mendapatkan sambutan yang baik dari Pemdes, terutama Kepala Desa Dasun. Sujarwo, Kepala Desa Dasun mendukung segala upaya dari kader kesehatan Puskesmas Lasem dalam meningkatkan kesehatan di Desa Dasun. Bahkan dalam setiap pertemuan terutama melibatkan masyarakat, Sujarwo sering mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan keluarga, apalagi mengenai penanggulangan penyakit Demam Berdarah. [ean/2018]

Saksikan Video Pelaksanaan MMD Desa Dasun berikut ini:

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan