Musyawarah Antar RT Sepakati Jimpitan

Dasun.desa.id- Selasa malam (28/8/2018), dilakukan musyawarah antar RT di Balai Desa Dasun, yakni RT 01 dan RT 01 Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Rembang. Maksud diselenggarakannya musyawarah antar RT tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dan membahas rencana tindak lanjut budaya jimpitan di lingkungan Desa Dasun.

Dihadiri sekitar 100 orang perwakilan dari rumah huni di RT 01 dan RT 02 Desa Dasun membuat acara musyawarah semakin ramai dan suasana sangat gayeng. Kepala Desa Dasun juga tampak hadir bersama seluruh perangkat atau pamong desa, membuat kebersamaan dan persatuan Desa Dasun semakin kuat, tak ada pemisah antara pemerintah desa dengan masyarakat.

Ketua RT 01 Desa Dasun sedang memberikan sambutan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam musywarah antar RT (28/08/2018)

Acara musyawarah juga dilegkapi dengan panganan rebus, seperti ketela rebus, kacang rebus, pisang rebus dan jagung rebus. Suasana semakin hangat lantaran banyak sesepuh desa yang sangat mendukung upaya pelestarian tradisi jimpitan yang sudah pernah berlangsung sejak jaman dahulu. Sesepuh desa yang mendukung dan mengapresiasi adalah Bapak Subadri, Bapak Soewardi, Simbah Wakit serta puluhan peserta lainnya.

Bapak Ketua RT 1 dan RT 2 juga tampak kompak mengkoordinir warga masyarakat untuk tetap terus menjaga kekompakan, rukun dan saling gotong royong membangun Desa Dasun. Oleh sebab itu dari pertemuan ini terdapat berbagai rumusan atau kesepakatan masyarakat, antara lain:

  1. Jimpitan warga berlanjut yang dulunya dikelola karangtaruna, sekarang bersinergi dengan RT masing-masing;
  2. Hasil jimpitan dipergunakan untuk sosial seperti sedekah bumi dan acara kepemudaan;
  3. Kepala keluarga dihimbau untuk melaksanakan ronda malam dengan jadwalnya masing-masing;
  4. Ada konsekuensi bagi kepala keluarga atau yang mewakili jika absen ronda malam;
  5. Jadwal ronda malam pukul 20.00 WIB- 24.00 WIB;
  6. Pelaksanaan ronda malam dan jimpitan adalah bentuk pelestarian budaya bangsa (rukun, gotong royong, aman, tertib, dll)
Suasana Balai Desa yang sedang direnovasi tersebut full mayarakat Dasun yang bersemangat untuk melaksanakan jimpitan (28/08/2018)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan