Gotong-royong Warga Dasun Membuat Pos Ronda

Dasun.desa.id– Berkaitan dengan diaktifkannya budaya jimpitan dan ronda malam, warga Desa Dasun, RT.02, RW.01 berbondong-bondong membuat pos ronda secara swadaya pada Minggu, 9 September 2018.

Jimpitan adalah budaya menyisihkan uang receh bagi setiap rumah huni, uang receh kemudian ditaruh di wadah kecil diletakkan dekat pintu rumah. Uang receh tersebut kemudian diambil oleh petugas ronda sambil keliling desa. Hasil dari jimpitan, uangnya biasanya dipergunakan untuk kegiatan sosial tingkat  lokal RT. Inialah salah satu metode tradisional asli Indonesia untuk melakukan penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Warga Desa Dasun bergotong-royong membangun Pos Ronda (9/9/2018)

Oleh sebab itulah, petugas ronda malam yang sudah terjadwal di desa Dasun juga membutuhkan pos ronda. Sementara yang sudah ada pos adalah RT.01 yakni di dekat Balai Desa. Sedangkan di RT.02 dan RT.03 belum ada. Minggu, 9 September ini, masyarakat bergotong royong membangun pos ronda.

Banyak warga yang terlibat, ada Bapak Kepala Desa Dasun, Pamong Desa, Bapak Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Pemuda Karangtaruna, dan lain-lain. Banyak warga sekitar juga memberikan jajanan dan es teh. Warga tampak kompak mendirikan pos ronda yang berukuran 4 x 2 meter tersebut. [ean/2018]

Tampak Kepala Desa Dasun Sujarwo ikut memaku kayu di Pos Ronda (9/9/2018)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan