Pendalaman Pelatihan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Rembang

Dasun.desa.id- Dinpermades Kabupaten Rembang menyelenggarakan Pendalaman Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) dengan melibatkan 95 Desa 5 Pendamping Desa dan 5 Kecamatan pada 3-4 September 2018 di Aula Dinpermades Kab. Rembang.

“Pelatihan SID, diharapkan dapat dimengerti dan dipahami oleh semua admin sehingga dilaksanakan secara berlanjut. Karena ini adalah bagian dari amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa untuk membuat SID dan masyarakat Desa merupakan potensi yang mempu memotret kondisi desa,” Tutur H. Sulistyono, A.P., M.Si Kepala Dinpermades Kabupaten Rembang.

H. Sulistyono, A.P., M.Si Kepala Dinpermades Kabupaten Rembang sedang memberikan sambutan dalam Pendalaman Materi SID Kabupaten Rembang Tahun 2018 (3/9/2018).

Sulistyono memberikan motivasi dan harapan untuk memajukan SID di desa-desa Kabupaten Rembang, “Kami berharap dan menyerahkan semua kepada panitia kader teknis SID di desa. Kami titip semuanya agar bisa mencermati dam memahami pelatihan hari ini sampai ke depan. Karena semuanya yang hadir mewakili desa masing-masing, harusnya bisa memahami sampai teknis. Maju mundurnya desa, sukses dan tidaknya SID tergantung orang yang di sini.”

“SID ini adalah salah satu langkah nyata yang ditempuh dinpermades untuk mengaktifkan SID desa yang sudah dirintis tahun 2017. Kita sama-sama belajar dan dalami lagi, kita aktifkan lagi, dan yang masih belum aktif saya berharap bisa aktif lagi.”

Suasana pelatihan SID di Aula Dinpermades Kabupaten Rembang (3/9/2018).

Terkait dengan kendala Desa untuk mengambangkan SID, yakni kependudukan, Dinpermades siap untuk memfasilitasi dengan Dindukcapil,

“Kita sudah mengkoordinasikan dengan OPD terkait, dalam rangka mengaktifkan dan mensukseskan SID. Kendalanya utama adalah mengupdate data kependuukan. Karena memang ada regulasi tersendiri. Harus ada perjanjian kerjasama untuk mou.”

Ada pula masalah keterbatasan sinyal dan SDM di setiap desa untuk meningkatkan SID, Dinpermades juga memberikan pandangan terkait hal itu,

“Kemudin masalah selanjutnya adalah masalah sinyal. Saya sudah koordinasi dengan dinkominfo untuk meningkatkan itu. Kendala selanjutnya adalah SDM. Meskipun kami tahu banyak keterbatasan SDM di desa, namun itu bisa ditingkatkan dengan peningkatan kapasitas melalui berbagai dana transfer yang ada. Kami ingin desa SDM nya minimal semua perangkat desa sarjana semuanya di Kabupaten Rembang. Nanti desa perlahan akan maju.”

“Pelatihan ini bertujuan untuk percepatan keaktifan SID yang kemudian disinergikan dengan dasboard sideka Jawa Tengah. Setelah pelatihan ini selesai, kami dari dinpermades akan memantau perkembangan setelah diadakan pelatihan mendalam SID ini. Kami berharap pelatihan ini benar-benar bermanfaat. Indikatornya adalah pemanfaatan dan keaktifan,” tegas Sulistyono. [ean/2018]

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan