Grebeg Dumbeg Desa Dasun Sukses Terselenggara

Dasun.desa.id- Grebeg Dumbeg dalam rangka Gelar Budaya dan Promo Wisata Desa Dasun 2018 berhasil terselenggara, Selasa (14/8/2018). Grebeg Dumbeg tahun ini melibatkan berbagai desa se-Kecamatan Lasem serta sekolah-sekolah.

Dibuka oleh Camat Lasem, Harjono, SH,MM., Grebeg Dumbeg Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang diikuti oleh 14 kelompok partisipan. Yakni Desa Dasun sendiri, Desa Gedongmulyo, Desa Jolotundo, Desa Karasgedhe, Desa Sendangcoyo, Desa Sumberagung, Desa Dorokandang, Desa Sendangasri, SDN 3 Soditan, SDN Sumbergirang, Warung Apung Dasun, Perpustakaan Desa Dasun, Angklungan Dasun, dan Bos Kebo Hokya-Hokya.

Diikuti oleh berbagai Desa di Kecamatan Lasem, Grebeg Dumbeg Desa Dasun 2017 tampak meriah (dok: dasun.desa.id)

Start Grebeg Dumbeg di Klenteng tertua di Lasem, Klenteng Cu An Kiong dan finis di RTH Dasun. Menjadi perjalanan Grebeg Dumbeg yang mampu dinikmati oleh warga masyarakat sekitar.

Grebeg Dumbeg adalah acara sakral masyarakat Lasem untuk ungkapkan rasa syukur atas Rizki yang diberikan Tuhan. Dumbeg dan jadah atau ketan dipilih sebagai simbol kesuburan. Dumbeg berarti lingga dan jadah atau ketan berarti Yoni, simbol kesuburan yang senantiasa melingkupi Lasem yang gemah Ripah loh jinawi.

Gunungan Dumbeg di hadapan Bupati Rembang 14/8/2018, RTH Dasun (dok: dasun.desa.id)

Setelah gunungan Dumbeg diarak dari Klenteng Cu An Kiong dan sampai di RTH Dasun, maka setelah disambut dan didoakan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz Dumbeg langsung diperebutkan oleh warga masyarakat. Konon Dumbeg hasil grebeg adalah Dumbeg yang “mberkahi” dan bisa mendapatkan Rizki yang banyak bagi yang memakan.

Kepala Desa Dasun sebagai pionir Grebeg Dumbeg mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Bupati Rembang, karena berhasil melestarikan budaya Lasem dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat akan sedekah bumi dengan pelestarian budaya bangsa yang adiluhung. [ean]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan