BUMDesa “Karya Bahari” Dasun Menjadi Pilot Project Fasilitasi Pendirian dan Review BUMDesa dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Dasun.desa.id- Dalam rangka perluasan akses keuangan di pedesaan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaksanakan program pemberdayaan masyarakat desa melalui fasilitasi pendirian dan review Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dengan pilot project BUMDesa “Karya Bahari” Desa Dasun, Lasem, Rembang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Eko Arianto, Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK di Hotel Alila Solo dalam acara Workshop Pilot Project Fasilitasi Pendirian dan Review BUMDesa/ BUMADes di Wilayah Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 4 April 2018.

Eka Saputra, Sekjen PAPDESI memberikan materi di Workshop Pilot Project Fasilitasi Pendirian dan Review BUMDesa/ BUMADes di Wilayah Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 4 April 2018 (dok: Dasun.desa.id)

BUMDesa “Karya Bahari” Dasun ditunjuk menjadi salah satu pilot project karena memiliki potensi yang khas bahari, perikanan, pariwisata, dan pengembangan kuliner serta ekonomi kreatif. Selain Dasun, ada 5 BUMDesa lain yang menjadi pilot project OJK yang memiliki potensi khas yang berbeda dari daerah lainnya.

Kelima BUMDesa tersebut yakni: BUMDes Tegalgondo, Klaten; BUMDesa Wlahar Wetan, Banyumas; BUMDesa Lerep, Semarang; BUMDesa Penggarit, Pemalang; dan BUMDesa Patimuan, Cilacap yang juga turut diundang dalam Workshop Pilot Project Fasilitasi Pendirian dan Review BUMDesa/ BUMADes di Wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dari kanan ke kiri, Nur Utomo, Joko Supeno dan Sujarwo perwakilan dari Desa Dasun yang menghadiri Workshop Pilot Project Fasilitasi Pendirian dan Review BUMDesa/ BUMADes di Wilayah Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 4 April 2018 (dok: Dasun.desa.id)

Sujarwo, Kepala Desa Dasun menyambut baik program dan tantangan ini untuk siap mengkoordinir dalam mengembangkan BUMDesa “Karya Bahari” Desa Dasun.

BUMDesa “Karya Bahari” Desa Dasun sendiri sekarang telah memiliki tiga Unit Usaha yang aktif, yakni Unit Penyewaan Gedung Serba Guna Dasun; Unit Warung Apung Dasun; dan Unit Pujasera/ Pasar Desa.

Meskipun demikian, masih banyak calon unit yang akan berdiri saat infratsruktur penunjang berhasil dibangun terutama dalam bidang pariwisata Pantai Dasun, Mangrove Dasun, Susur Sungai Dasun, Situs Galangan Kapal Dasun, Pemancingan Dasun, Pendidikan Pembuatan Garam dan Tebar Benih Bandeng Dasun. Menurut Sujarwo, tahun 2019 akan dimulai pembangunan sarana-prasarana penunjang aktivitas pariwisata Dasun. [ean]

Sujarwo, Kepala Desa Dasun (dok: Dasun.desa.id)
Facebook Comments

1 Comment

  1. kami dari BUMDEdesa BERSAMA MINABAHARI bulu bancar tuban sangat ingin bertenu kalian semua mengingat kita sama di pinggiran pantai

Tinggalkan Balasan