Nikmatnya Menu Ikan Nila Warung Apung Dasun

Salah satu menu andalah Warung Apung Dasun yakni Nila Bakar yang rasanya sangat memikat lidah, (dok. Dasun.desa.id, 2018)

Dasun.desa.id– Menu-menu yang disajikan di Warung Apung Dasun, sebuah warung yang dikelola oleh masyarakat Desa Dasun melalui BUMDesa ini sungguh beragam. Keberagaman menu sampai-sampai setiap pengunjung bingung ingin memesan menu yang mana. Namun di antara menu-menu andalan Warung Apung Dasun ada salah satu menu sangat terekomendasi kelezatannya, yakni menu khusus ikan nila.

Suasana nyaman makan bersama di Warung Apung Dasun (dok.Dasun.desa.id, 2018)

Datang ke Warung Apung Dasun Lasem Rembang pasti anda akan mencium aroma ikan nila bakar yang sungguh menggoda. Ya, banyak dari pengunjung memang banyak memesan menu ikan nila di Warung Apung Dasun ini. Sengaja pengelola membuat pembakaran di luar ruangan agar aroma kelezatannya mampu menggoda pengunjung.

Dipadu dengan suasana pesisiran dengan angin sepoi-sepoi di komplek RTH Dasun, membuat pengunjung Warung Apung Dasun dijamin betah. Disediakan pula fullset alat karaoke untuk pengunjung bisa mengekspresikan kegalauannya melalui lantunan lagu-lagu syahdu. Menikmati menu-menu masakan Warung Apung Dasun adalah kenikmatan tersendiri bagi pengunjung, apalagi dengan menu ikan nila. wow!

Salah satu menu andalah Warung Apung Dasun yakni Nila Bakar yang rasanya sangat memikat lidah, (dok. Dasun.desa.id, 2018)

Menu ikan nila yang penulis suka adalah nila bakar dan nila asam manis pedas. Ini menu salah satu andalan Warung Apung Dasun selain urap latoh dan kelo mrico bandeng. Nila bakar ketika pramusaji mengantarkannya di atas meja, aromanya sungguh menggoda, terbalut dengan kecap manis dan pembakarannya yang pas membuat tekstur nila sangat lembut dan membuat orang ketagihan.

Begitupun dengan nila asam manis pedas, menu ini merupakan menu yang cukup beken, yakni ikan nila terbang digoreng crispy dan diguyur dengan bumbu asam manis pedas yang menggoda lidah. Banyak pengunjung yang terpincut ke Warung Apung Dasun ini gara-gara menu andalan ikan nila tersebut. Jangan ditanya mengenai nilai gizi ikan nila, wow banyak banget manfaatnya untuk kesehatan.

Nilai Gizi Ikan Nila 

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang kaya akan kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita, selain itu ikan nila juga bermanfaat untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Ikan Nila antara lain: Kalori (128 kcal); Total lemak (3 mg); Lemak jenuh (1 mg); Lemak tak jenuh (2 mg); Vitamin B12 (1.86 mcg); Kolesterol (57 mg); Fosfor (204.00 mg); Selenium (54.40 mcg); Protein (26 mg); Niacin (4.74 mg); Kalium (380 mg).

Dalam ikan nila kandungan lemak yang rendah, sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol.
Ikan Nila juga di kenal rendah kalori dan karbohidrat jadi sangat pas untuk program diet sehat.
Kandunga omega 6 yang ada dalam ikan nila bermanfaat mencegah dermatitis. Kandunga fosfor yang ada dalam ikan nila sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.

Es Buah segar melengkapi menu nila bakar maupun nila asam manis pedas, (dok.Dasun.desa.id, 2018)

Selenium yang ada dlam daging ikan nila bemanfaat untuk mencegah kanker, serangan jantung dan katarak Kandungan vitamin b 12, bermanfaat untuk membentuk sel darah merah. Mengandung potassium yang berguna untuk mencegah pembentukan batu ginjal dan melancarkan aliran oksigen ke otak. Kandungan kolagen yang jumlahnya lebih rendah daripada daging ternak. Sehingga membuat tekstur daging ikan menjadi lebih empuk dan mudah dicerna.

Mencegah Kanker Prostat
Ikan nila memiliki kandungan selenimum yang sangat tinggi. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan selenium terkait dengan penurunan risiko kanker prostat. Selenium dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel-sel sehat menjadi kanker

Menjaga Kesehatan Jantung
Asam lemak Omega 3 dapat membantu mengurangi terjadinya aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang ada pada ikan nila bersifat mengurangi tekanan darah.

Membantu Kesehatan Otak
Kandungan kalium dan omega 3 yang ada pada ikan nila membantu meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Kalium akan meningkatkan oksigenasi ke otak, dan juga sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh.

Mencegah Penuaan Dini
Asupan lebih dari 20 % selenium setiap hari yang ada dalam ikan nila, sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, Dan menghentikan kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini berarti akan mengurangi keriput, bintik-bintik hitam penuaan dini.

Nila Asam Manis Warung Apung Dasun, (dok.Dasun.desa.id)

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
Selenium juga berperan penting dalam regulasi kelenjar tiroid, yang bertugas mengontrol banyak fungsi hormon. fungsi kelenjar tiroid akan menjaga keseimbangan metabolisme, fungsi organ yang tepat, serta reaksi kimia di seluruh tubuh. []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan