Gotong Royong Membangun Masjid

Dasun.desa.id– Minggu (11/3/2018) warga Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang bergotong royong membantu proses pengecoran Masjid Baitussalam yang tengah direnovasi.

Sekitar 70 orang warga Desa Dasun dari RT.01, RT.02 dan RT.03 tampak kompak menaikan satu demi satu ember berisi adukan cor semen.

Proses pengecoran dak di Masjid Baitussalam Desa Dasun bersama warga (dok.Dasun.desa.id,2018)

Tampak Kepala Desa Dasun beserta perangkat juga hadir di tengah-tengah warga. Peluh keringat warga bergotong royong seolah tak terasa dengan suasana cair penuh kegembiraan khas warga Dasun ketika berkumpul.

Masjid Baitussalam Desa Dasun sendiri tengah direnovasi total, karena bangunan sudah terlampau tua. Masjid Baitussalam berdiri diperkirakan pada tahun 1992 dengan pemberian tanah wakaf dari suami Alm Simbah Sukati.

Menggunakan teknik estafet, proses gotong royong menjadi lebih ringan karena bekerjasama membawa ember bahan cor ke atas masjid (dok.Dasun.desa.id, 2018)

Masjid Baitussalam menjadi pusat kegiatan keagamaan di Desa Dasun. Tercatat ada kegiatan-kegiatan yang meliputi : TPQ Assalam; Rebana Remaja; Pengajian Selapanan; Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW; Peringatan Ruwahan; Peringatan Isra’ Mi’raj; Peringatan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha; Sholat berjamaah; dll.

Anak-anak Dasun Heritage Society juga turut hadir dalam gotong royong membangun masjid (dok.Dasun.desa.id, 2018)

Keberadaan Masjid Baitussalam di Desa Dasun juga sangat penting bagi pembentukan karakter akhlak anak-anak Dasun untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah. [Exsan Ali]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan