Pemuda Dasun Kompak Tanam Cemara dan Bikin Kreasi Seni Musik

Dasun.desa.id- Pemuda Desa Dasun Lasem Rembang kompak menanam ratusan cemara di kompleks Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Dasun pada Minggu (25/2/2018). Selain menanam ratusan cemara laut, pemuda Dasun yang terdiri dari Karangtaruna dan Komunitas Dasun Heritage Society juga melakukan tambal sulam bagi tanaman cemara yang sudah mati yang ditanam sebelumnya.

“Kegiatan menanam cemara ini kami lakukan setiap hari minggu sore bagi seluruh pemuda Desa Dasun untuk menambah kepedulian terhadap perkembangan Dasun menjadi lebih asri lebih lestari,” ujar Heru Setyo Nugroho, Ketua Karangtaruna “Budi Luhur” Desa Dasun.

Menanam pohon di kompleks RTH Dasun sebagai upaya menyelaraskan konsep Alas Samudrowelo Desa Dasun berbasis konservasi dan Edukasi (dok: Dasun.desa.id , 2018)

Puluhan pemuda Desa Dasun tampak kompak bergotong royong menanam pohon, memupuki, menancapkan anjir, menali anjir dengan batang bibit, sampai memaculi tanah untuk lubang bibit. Hadir pula di tengah-tengah pemuda Dasun yakni Kepala Desa Dasun Sujarwo yang ikut terjun langsung mendampingi pemuda Dasun melestarikan lingkungannya.

Kreasi Seni Musik Tong-tong klek

Setelah melaksanakan tanam pohon di kompleks RTH Dasun, pemuda Dasun langsung menuju Pos Kampling untuk membuat alat musik tong tong klek. Pembuatan alat musik ini sebagai sarana pemuda Dasun membuat media musik kreatif untuk menarik pengunjung di RTH Dasun nantinya. Rencananya setiap malam minggu pemuda Dasun akan mementaskan musik tong tong klek di RTH Dasun. Hal ini dilaksanakan terkait dengan hasil rapat koordinasi pemuda Dasun pada Minggu (18/2/2018) lalu.

“Musik tong tong klek akan kami pentaskan setiap malam minggu di RTH Dasun untuk menarik pengunjung, selain itu musik tong tong klek kami pilih karena sekaligus menyambut lomba tong tong klek tingkat Kabupaten Rembang yang biasanya dilaksanakan pada Bulan Ramadhan,” tegas Heru Setyo Nugroho. [Exsan Ali S]

Pemuda Dasun tampak sedang bergotong royong membuat alat musik dari bambu, Tong tong klek (dok: Dasun.desa.id, 2018)
Dari kiri ke kanan, Mas Rizal, Mas Angga dan Mas Iqbal tampak sedang memotong bambu (dok: Dasun.desa.id, 2018)
Dari kiri ke kanan, Mas Hendri Arto dan Mas Danu sedang bekerjasama membuat tong tong klek, (dok: Dasun.desa.id, 2018)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan