Peningkatan Kapasitas SDM Dasun Terus ditingkatkan

Dasun.desa.id-Pemerintah Desa Dasun Lasem Rembang terus berupaya meningkatkan kualitas SDM masyarakatnya. Salah satu contohnya adalah Karyawisata & Peningkatan kapasitas SDM bagi lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan pada Rabu (21/2/2018).

Masyarakat Dasun berswafoto di Coban Rondo sebuah air terjun yang menjadi destinasi wisata di Batu Malang. Pengelolaannya yang rapi dan memuliakan masyarakat, membuat Dasun memilih untuk mengunjungi Coban Rondo, (dok: Dasun.desa.id,2018)

Acara ini berupa pembelajaran bagi lembaga-lembaga di Desa Dasun di tempat-tempat yang memiliki pengelolaan pariwisata yang patut ditiru dan dipelajari. Bertempat di Batu Malang, masyarakat Dasun belajar di Coban Rondo kawasan wisata alam yang menyuguhkan pelayanan kepada pengunjung dengan baik.

Karyawisata dan peningkatan SDM mengajak Pemdes, PKK, BPD, LPMD, Dawis, Posyandu, Linmas dan Bumdes untuk belajar di Batu Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini bukan bersenang senang tapi untuk menimba ilmu khususnya tentang pengelolaan wisata yang berbasis masyarakat, tentu akan diterapkan di Desa Dasun nantinya.

Wisata petik apel juga menjadi pembelajaran tersendiri bagi warga Dasun untuk diaplikasikan menjadi tangkap bandeng, karena Dasun merupakan desa dengan tambak bandeng yang cukup banyak dan luas, (dok: Dasun.desa.id)

Selain Coban Rondo yang merupakan wisata air terjun dan wahana outbond, Masyarakat Dasun juga belajar di agrowisata petik apel. Menurut Sujarwo, petik apel bisa dipraktikan di Dasun dengan kegiatan Tangkap Bandeng, karena Dasun punya tambak bandeng. Nantinya pengunjung dapat memasaknya sendiri atau di Warung Apung.

Dengan potensi yang sangat besar, Dasun diharapkan bisa mengelola wisata bahari dasun berbasis konservasi dan edukasi yang memuliakan masyarakatnya. [Exsan Ali S.]

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan