Coklit Serentak di Desa Dasun

Dasun.desa.id– Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 dilaksanakan serentak termasuk di Desa Dasun, Lasem, Rembang pada Sabtu (20/1/2018). Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang didampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Dasun melakukan Coklit pertama di kediaman Kepala Desa Dasun, Sujarwo di RT.02, RW.01, Dasun. Total 10 KK telah ter-coklit pada hari itu.

Coklit di rumah Bapak Untung, Dasun 2/1, Lasem 20/1/2018 (Dok: PPS Dasun)

PPDP adalah petugas yang ditunjuk PPS atas nama Ketua KPU Kab/Kota untuk membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Setiap PPDP bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian terhadap data pemilih pada 1 TPS. Desa Dasun sendiri rencana hanya akan ada 1 TPS.

Coklit di rumah Bapak Sahuri, Dasun 2/1, Lasem 20/1/2018 (dok: PPS Dasun)

Coklit serentak ini dilakukan untuk memastikan daftar pemilih agar tersusun dengan baik dan berkualitas, Gerakan Coklit juga berguna untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih. Selain itu, masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih agar dapat melapor kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat coklit dilaksanakan, atau dapat melapor kepada PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang ada di desa.

Coklit di rumah Bapak Sukarno, Dasun 2/1, Lasem 20/1/2018 (dok: PPS Dasun)

Gerakan Coklit Serentak ini diharapkan dapat mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Desa Dasun agar lebih berperan aktif sehingga daftar pemilih yang dihasilkan nanti semakin baik dan akurat. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018. Terselenggaranya pemilukada ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses demokrasi. [Exsan]

Coklit di rumah Bapak Kisnan, Dasun 2/1, Lasem, tuan rumah sangat ramah dan menerima PPDP serta PPS yang mendampingi dengan ramah 20/1/2018 (dok: PPS Dasun)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan