Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat Kawasan Alas Samudra Wela

Pembukaan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang diikuti 120 peserta di Gedung Serba Guna Dasun 13/12/2017 (Dok: Dasun.desa.id)

Dasun.desa.id- Pemerintah Kabupaten Rembang terus mengupayakan pemberdayaan kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan diri. Salah satu bentuk konkritnya adalah Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi masyarakat di Kawasan Alas Samudra Wela pada Rabu dan Kamis 13-14 Desember 2017.

Pembukaan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif ini dilaksanakan pada Rabu (13/12) di Gedung Serba Guna Desa Dasun, Lasem, Rembang. Dibuka langsung oleh Sekda Rembang Drs. Subakti, pembukaan ini dihadiri oleh seluruh peserta pelatihan 120 orang dari 6 desa kawasan Alas Samudra Wela. 6 Desa Kawasan Alas Samudra Wela ini adalah Desa Dasun, Gedongmulyo, dan Tasiksono di Kecamatan Lasem dan Desa Pasar Banggi, Tritunggal, Punjulharjo di Kecamatan Rembang.

Pelatihan ini terdiri dari pelatihan sablon, pelatihan menjahit, pelatihan pengolahan sampah, pelatihan print dan stempel. Setiap desa mendapatkan bantuan alat-alat untuk kebutuhan pengembangan diri tersebut, baik berupa komputer, print, mesin jahit, dll. Peralaran tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekda Rembang Drs. Subakti kepada Sujarwo, koordinator Kades Kawasan Alas Samudra Wela,  yang merupakan Kepala Desa Dasun.

Drs. Subakti dalam sambutannya menekankan bahwa setiap desa di kawasan Alas Samudra Wela harus membentuk karakter atau ciri khas tersendiri dalam pengembangannya. Bukan hanya melulu wisata pantai, tapi harus pula memunculkan karakter-karakter lain semisal wisata sejarah dan budaya, kuliner, kegiatan konservasi, petualangan, Ruang Terbuka Hijau, dll. Drs. Subakti juga menekankan pada aspek kebersihan di setiap desa Kawasan Alas Samudra Wela. Bukan hanya itu, Sekda juga memberikan masukan untuk setiap desa Kawasan Alas Samudra Wela harus melakukan kolaborasi atau sinkronisasi dalam pengembangan wisatanya.

Suasana pelatihan sablon kaos bagi Desa Dasun dan Desa Pasar Banggi di GSG Dasun 13/12/2017 (Dok: Dasun.desa.id)

Sujarwo, sebagai koordinator Kades Kawasan Alas Samudra Wela menakankan bahwa pembangunan di kawasan bukan hanya ditekankan pada pembangunan fisik melulu, namun juga membentuk juga keterampilan dalam diri masyarakat terutama generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemimpinan selanjutnya.

“Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif adalah salah satu bentuk keseriusan menuju impian Alas Samudra Wela. Karena membangun kawasan desa peisir ini tidak hanya fisik atau sarana dan prasarana saja, tetapi pemberdayaan masyarakat atau pembangunan SDM juga sangatlah penting terutama bagi generasi muda desa yang notabene akan meneruskan tongkat estafet pembangunan desa ini di segala bidang. Untuk itu pesan saya teruslah bekarya, teruslah semangat bagi generasi muda yakinlah bahwa keberhasilan hanya bisa didapat dengan kesungguhan dan keseriusan berusaha,” terang Sujarwo.

Rofiq salah satu instruktur Pelatih dari Pemerintah Kabupaten Rembang juga memberikan wejangan kepada para peserta pelatihan. Rofiq menekankan pada setiap warga masyarakat harus bisa menjadi pemain sendiri atas desanya, bukan hanya menjadi penonton. Setiap warga di Kawasan Alas Samudra Wela harus ikut mendukung pemerintah desa untuk menuntaskan PR-PR yang belum tuntas, untuk dikembangkan menjadi desa kawasan yang lebih baik. [Exsan Ali Setyonugroho]

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan