Dasun Dapatkan Alat Pagrak, Peningkat Hasil Panen Garam Rakyat

Dasun.desa.id- Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang pada Selasa (5/12/2017) mendapatkan bantuan pagrak alat selender sekaligus sebagai pemanen garam. Bantuan Tersebut berasal dari Dirjen PPMD/ PPTT Kementerian Desa.

Alat tersebut diberikan dengan tujuan untuk memudahkan atau membuat efisien tenaga dan waktu bagi petani garam dalam melakukan pekerjaannya. Tentu dengan adanya alat pagrak ini akan menambah hasil garam serta kwalitasnya. Alat ini merupakan hasil karya Sujarwi, warga Desa Bumiayu RT 02 RW 05 Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati.

Pagrak adalah akronim dari Panen Garam Rakyat. Sebuah teknologi tepat guna untuk meningkatkan penghasilan garam rakyat. Jika sebelumnya memanen garam membutuhkan waktu hingga berjam-jam di bawah terik matahari untuk satu ton garam dengan luasan ladang sekitar 7×25 meter. Kini, dengan adanya inovasi baru tersebut, memanen garam hanya butuh waktu sekitar 20-25 menit.

“Bantuan pagrak alat slender sekaligus untuk pemanen garam dari dirjen PPMD / PPTT KENENDES semoga dgn adanya bantuan ini akan memudahkan / efesiensi tenaga dan waktu untuk petani garam melakukan pekerjaanya dan tentunya akan menunjang hasilnya secara kwalitas dan kwantitas,” ungkap Sujarwo, Kepala Desa Dasun.

Mengingat Desa Dasun adalah desa dengan tipologi pertambakan dengan ladang garam yang cukup luas menjadikan Dasun layak mendapatkan bantuan alat pagrak tersebut. Perkembangan ilmu pengetahuan semoga mampu diserap oleh para petani garam Dasun untuk meningkatkan hasilnya.

“Tak lupa kami atas nama desa mengucapkan banyak terimakasih dan masih selalu kami harapkan asistensi dari pemerintah pusat/ daerah dalam rangka peecepatan pembangunan di segala bidang,” lanjut Sujarwo. [exsan ali setyonugroho]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan