Desa Dasun Juara II Perpustakaan Terbaik Se-Kabupaten Rembang

Dasun.desa.id- Perpustakaan Desa Dasun mendapatkan juara terbaik II dalam kategori perpustakaan mitra terbaik Perpuseru Kabupaten Rembang 2017. Lomba ini diikuti oleh semua perpustakaan di Kabupaten Rembang yang menjadi mitra Perpuseru.

Bertempat di Fave Hotel, pada tanggal 5 Desember 2017. Diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang dengan tema Regional Meeting dan penganugerahan Perpuseru Award.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas ARPUS Kabupaten Rembang, Bp. H Agus Salim SH, MH mengatakan, ke-4 perpustakaan desa ini telah berhasil mengembangkan layanan perpustakaan yang semula berbasis buku, menjadi pusat kegiatan masyarakat berbasis TIK, dengan sasaran perempuan, pemuda dan pengusaha mikro.

Kegiatan-kegiatan masyarakat di perpustakaan desa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat, baik di sektor ekonomi, kesehatan dan ilmu pengetahuan. Hal ini selaras dengan Visi Bupati Rembang, yaitu Terwujudnya Masyarakat Rembang yang Sejahtera, Melalui Peningkatan Perekonomian dan Sumber Daya Manusia,yang Dilandasi Semangat Kebersamaan, Pemberdayaan Masyarakat dan Kewirausahaan.

Sambutan Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, Spdi, pada Regional Meeting dan Perpuseru Award 2017 di Fave Hotel 5/12/2017 (dok: Dasun.desa.id)

Sementara dalam sambutannya, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz Spdi, mengatakan, saat ini pemerintah desa mendapatkan kucuran dana yang besar dari pemerintah, sehingga beliau berharap sebagian dana desa tersebut bisa dipergunakan untuk pengembangan perpustakaan desa.

Selain sarana dan prasarana yang memadai, pengelola perpustakaan desa juga harus diperhatikan. Sehingga fungsi perpustakaan desa diharapkan berkembang sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, diundang juga stakeholder terkait dan diharapkan dukungannya dalam peningkatan dan pengembangan perpustakaan, sehingga pelayanan perpustakaan makin kreatif dan masyarakat bisa sebesar-besarnya memanfaatkan layanan tersebut.

Adapun hasil penganugerahan Perpuseru Award Kabupaten Rembang adalah :

  1. Mitra Terbaik I : Perpusdes Trembes Gunem,
  2. Mitra Terbaik II : Perpusdes Dasun Lasem,
  3. Mitra Terbaik III : Perpusdes Sanetan Sluke.
  4. Mitra Favorit : Perpusdes Meteseh Kaliori.

Masing-masing perpusdes mendapatkan plakat penghargaan dan uang pembinaan untuk kegiatan di perpustakaan. []

 

Facebook Comments

1 Comment

  1. Perpustakaan Desa Dasun, Lasem, Rembang layak menyandang perpustakaan terbaik di Rembang bahkan Jawa Tengah. Sukses selalu.

Tinggalkan Balasan