Berkat Perpustakaan Desa Dasun, Ibu Muda Ini Tambah Penghasilan Keluarga

Dasun.desa.id-Nama lengkapnya Rikha Septiana. Warga Dasun, Lasem, Rembang ini sekarang menggeluti usaha bisnis online. Produk yang dijualnya antara lain: baju, celana, dres, sepatu, sendal, tas cantik, sampai produk olahan bandeng khas Desa Dasun. Berkat usahanya ini Mbak Rikha-sapaan akrapnya-bisa menambah penghasilan keluarganya.

Hampir setiap hari, Mbak Rikha berkunjung ke Perpustakaan Desa Dasun. Ia senang mempelajari buku-buku bisnis, jual beli online, belajar komputer sampai upload produk di perpustakaan. Selain itu, Mbak Rikha juga menjadi peserta pelatihan olahan bandeng dan kewirausahaan. Menurut pengakuannya, berangkat dari pelatihan inilah Mbak Rikha bisa mengembangkan bisnis onlinenya.

Rikha Septiana sedang mengoperasikan komputer di Perpustakaan Desa Dasun, Lasem, Rembang. Ia melakukan bisnis online dengan media facebook yang menurutnya paling dominan mendapatkan reapon dari pembeli 1/12/2017 (dok: Dasun.desa.id)

“Pendapatan saya perminggu ya tidak pasti, biasanya 100 ribu, ya 200 ribu, 300 ribu, ya lumayan lah bisa membantu suami,” ujar ibu muda 27 tahun ini.

Menurut pengakuannya, Mbak Rikha pertama kali mendapatkan inspirasi untuk membuka usaha bisnis online berkat adanya pelatihan kewirausahaan di Perpustakaan Desa Dasun. Sebelumnya ia mengaku belum paham betul mengenai usaha online tersebut, berkat beberapa kali berkunjung di perpustakaan dan mencari informasi di dunia maya, Mbak Rikha bisa menggeluti usahanya.

Mbak Rikha mengaku ingin menambah usaha bisnisnya lebih besar dan luas lagi. Ia juga berharap, Perpustakaan Desa Dasun bisa dimanfaatkan oleh orang banyak lagi. Agar orang-orang mampu memanfaatkannya untuk mencari informasi, berkomunikasi bahkan melakukan bisnis. [exsan]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan