RTH Dasun Tingkatkan Sarana dan Prasarana

Dasun.desa.id- Ruang Terbuka Hijau Dasun (RTH Dasun) telah menjadi salah satu wajah Kota Lasem, Rembang. Tempat ini menjadi primadona kunjungan masyarakat Lasem untuk bersantai ria, mencari hiburan, mengasuh anak sampai wisata kuliner yang murah meriah. Sebagai salah satu wajah Kota Lasem, RTH Dasun dituntut untuk selalu meningkatkan sarana dan prasarananya, salah satu yang saat ini sedanh dikerjakan adalah pembuatan jalan beton yang melintas di pujasera sampai Gedung Serba Guna Dasun.

Pembuatan jalan beton ini selain untuk menambah kerapian RTH Dasun, juga sebagai sarana penarik pengunjung karena kenyamanannya dalam akses ke RTH. Dengan adanya jalan beton, maka kesan becek ketika hujan akan sirna. Menurut pengelola RTH Dasun Tugiyo, pembuatan jalan beton ini juga akan berkembang menjadi pavingisasi di seluruh area RTH.

Sedangkan direktur BUMDesa Dasun, Sugiyanto menerangkan bahwa RTH Dasun akan dibuat sarana lapangan futsal dan basket. Tujuannya untuk menarik komunitas-komunitas olahraga di Rembang untuk berkunjung di RTH Dasun memanfaatkan fasilitas yang ada dan memberikan pemasukan bagi masyarakat yang berdagang di pujasera.

“Kedepan kami akan membuat lapangan futsal dan basket di depan panggung terbuka RTH Dasun. Kami ingin menarik teman-teman pecinta olahraga untuk berkunjung di Desa Dasun,” terang Sugiyanto.

Sedangkan Kepala Desa Dasun, Sujarwo menegaskan bahwa pengelolaan RTH Dasun sudah sepenuhnya diserahkan kepada BUMDesa sebagai amanat dari UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. BUMDesa adalah sarana paling ampuh untuk kedaulatan masyarakat desa mengelola segala macam potensi yang dimiliki oleh Desa. Keberadaan BUMDesa tidak lain dan tak bukan adalah untuk masyarakat, dari masyarakat dan oleh masyarakat. Desa diharapkan dapat mandiri dan berdaya dengan adanya BUMDesa.

BUMDesa Dasun, Lasem, Rembang sendiri bernama “Karya Bahari” penamaan ini senafas dengan kondisi geografis Desa Dasun yang terletak di pesisir Lasem dengan kejayaan sejarah dan kebudayaannya. BUMDesa Dasun memiliki 3 Unit Usaha yakni: Pengelolaan RTH Dasun; Pengelolaan Rumah Makan Apung Dasun; dan Simpan Pinjam. (exsan/dasun.desa.id)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan