Pengenalan Aplikasi Sideka bagi Penyuluh Desa Broadband Terpadu

Pengenalan Aplikasi Sideka dalam Bimtek Penyuluh Desa Broadband Terpadu 2017.

dasun.desa.id-Desa Dasun, Kecamatan Lasem terpilih menjadi salah satu Desa Broadband Terpadu, bersama Desa Menoro, Desa Pasar Banggi dan Desa Punjulharjo untuk wilayah Kabupaten Rembang. Desa Boardband Terpadu adalah desa yang dilengkapi dengan fasilitas jaringan atau akses internet, perangkat akhir pengguna dan aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk setempat.

Dalam salah satu agenda Desa Boardband Terpadu diselenggarakan Bimbingan Teknis bagi penyuluh atau pandu Desa Broadband. Penyuluh dipilih dari warga masyarakat desa setempat. Pada 2-6 Nopember 2017 diselenggarakan Bimtek bagi penyuluh di regional Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I.Yogyakarta. Bertempat di Hotel Cavinton, Yogyakarta, peserta yang mengikuti bimtek berjumlah 26 orang dari 26 desa.

Dalam Bimtek tersebut penyuluh diperkenalkan sebuah aplikasi yang disebut Sideka. Aplikasi Sideka adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia, yang tujuannya untuk visi One-Map-One-Data bagi desa-desa di seluruh Indonesia.

“Sideka itu lebih fokus dalam pengembangan desa dan kawasan, namanya saja Sistem Informasi Desa dan Kawasan. Jadi core-nya laporan-laporan yang berupa teknis dan lain-lain, tapi juga dikembangkan laporan seperti data kependudukan, peta, berita desa, atau desa bersuara. Jadi kelebihan mereka adalah desa bersuara, yakni untuk memberikan akses keterbukaan informasi kepada masyarakat serta melibatkan masyarakat untuk membuat berita melalui website desa,” terang Purwoko dari Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) sekaligus Quality Control Bimtek.

“Aplikasi Sideka sangat membantu desa untuk manajemen data secara terpadu dengan satui aplikasi dan didisplay dengan website desa.id yang terdiri dari berita, video, data kependudukan, keuangan, pemetaan, foto, potensi dll. Bahkan dapat membantu pemerintah desa untuk mengeluarkan surat tanpa harus membuat secara manual, karena di Sideka sudah ada format dan data kependudukan,” ungkap Exsan Ali Setyonugroho, peserta Bimtek Penyuluh dari Desa Dasun. []

Video Pengenalan Aplikasi Sideka dalam Bimtek Penyuluh Desa Broadband Terpadu di Yogyakarta (2-6 Nopember 2017):
 Unduh Aplikasi Sideka di sini

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan